QOco-ORQjUIRUfKtcmvDUjH2er0 Fisika SMA : Konsep Fisika Dalam Panah

Selasa, 03 September 2013

Konsep Fisika Dalam Panah

Dalam memanah tidak hanya mengandalkan keakuratan dan insting saja. Tetapi terdapat pengetahuan fisika untuk memanah dengan benar.
Energi potensial yang akan melesatkan anak panah, terdapat pada saat si pemanah menarik busurnya. semakin jauh ia menarik, maka akan semakin besar energi potensial yang dihasilkan Lebih cepat tidak berarti akan menemui sasaran, karena ada istilah turbulensi yang memungkinkan si anak panah bergerak keluar jalur.
Untuk itu, di tubuh anak panah terdapat Fletching, atau yang pada anak panah tradisional menggunakan bulu-bulu unggas. Kegunaan Fletching ini adalah menjaga anak panah tetap stabil saat mengalami turbulensi. Fletching juga yang memungkinkan si anak panah membuat gerakan berputar pada porosnya, yang meningkatkan keakuratan karena dapat membelah udara lebih baik.
ARCHER PARADOX
Panah 1
Archer’s Paradox adalah fenomena menarik saat panah dilepaskan kearah kiri atau kanan (keluar dari target) tetapi akan kembali ke arah yang lurus dan mengenai target. Contoh nya seperti ini
Panah 2
ANALISIS ARCHER’S PARADOX
Dibawah ini adalah ilustrasi ketika panah ditarik dan siap dilepaskan
Panah 3
Pada gambar diatas panah diarahkan ke kanan dari tengah target. Karena panah akan melesat ke garis tengah (median plane) atau ke offset
Dibawah ini adalah ilustrasi panah saat dilepas
Panah 4
Ketika pemanah melepaskan jarinya, tali busur melesat kearah kiri. Begitu juga sudut median plane nya. Panah pun bergetar dan mengikuti arah dari tali busur dengan sendirinya (F1 berfungsi sebagai arah dari panah)
Ilustrasi panah ketika sudah setengah melewati busur.
Panah 5
Tali busur kembali panah ke posisi awal dan ‘menarik’ panah dengan F2. Ujung panah (T) bergerak kearah kiri
Dibawah ini adalah ilustrasi ketika panah sudah meninggalkan busur. Dan melesat lurus kearah target
Panah 6
Karena terjadi hubungan ‘counter-clockwise’ pada ilustrasi sebelumnya. Mungkin anda mengira bahwa arah panah akan tetap berlawanan. Tetapi karena  fletching meluruskan kembali panah dalam perjalanannya. Maka semua rotasi terhapuskan.
By : Daud Kurniawan XI IPA 1 TP 2013/2014
Foto Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar